Kamis, 28 November 2013

MANUSIA DAN HARAPAN




  1. PengertianHarapan
Harapan atau asa adalahbentukdasardarikepercayaanakansesuatu yang diinginkanakandidapatkanatausuatukejadianakansebuahkebaikan di waktu yang akandatang. Padaumumnya, harapanberbentukabstrak, tidaktampak, namundiyakinibahkanterkadang, di batindandijadikansugesti agar terwujud.Namunadakalanyaharapantertumpupadaseseorangatausesuatu.Padapraktiknyabanyak orang mencobamenjadikanharapannyamenjadinyatadengancaraberdoa atauberusaha.
Beberapapendapatmenyatakanbahwaesensiharapanberbedadengan "berpikirpositif" yang merupakansalahsatucara terapi/proses sistematisdalam psikologiuntukmenangkal "pikirannegatif" atau "berpikirpesimis".
Kalimatlain "harapanpalsu" adalahkondisidimanaharapandianggaptidakmemilikidasarkuatatauberdasarkan khayalan sertakesempatanharapantersebutmenjadinyatasangatlahkecil.
Setiapmanusiapastimempunyaiharapannyamasing-masing.Manusia yang tanpaharapan, berartimanusiaitudapatdikatakanmatidalamhidupkarenaharapanjugamerupakansuatuacuanuntukmelangkahkedepan .Harapantersebuttergantungpadapengetahuan, pengalaman, lingkunganhidup, dankemampuanmasing-masing.BerhasilatautidaknyasuatuHarapantergantungpadausaha orang yang mempunyaiharapan.Agar harapanterwujud, makaperluusaha yang keras dam sungguh-sungguh.Manusiawajibselaluberdoa.Karenausahadandoamerupakansaranaterkabulnyaharapan.

2.    SEBAB-SEBAB MANUSIA MEMPUNYAI HARAPAN

Ada 2 hal yang menyebabkanseseorangmemilikiharapan, yaitu :
1. DoronganKodrat
Kodratadalahsifat, keadaanataupembawaanalamiah yang sudahterwujuddalamdirimanusiasejakmanusiaitudiciptakanolehTuhan.
Dorongankodratmenyebabkanmanusiamempunyaikeinginanatauharapan, misalnyamenangis, tertawa, sedih, danbahagia.

Dalamdirimanusiamasing-masingsudahterjelmasifat, kodratpembawaandankemampuanuntukhidupbergaul, hidupbermasyarakat, danhidupbersamadenganmanusia lain.

Dengankodratinilah, manusiamemilikiharapan.

3.    DoronganKebutuhanHidup
Manusiamemilikikebutuhanhidup, umumnyaadalahkebutuhanjasmanidanrohani.Untukmemenuhikebutuhanitumanusiaharusbekerjasamadenganmanusia lain. Hal inidisebabkankarenakemampuanmanusiasangatterbatasbaikkemampuanfisikmaupunkemampuanberpikirnya.
Menurut Abraham Maslow, sesuaidengankodratnya, harapanataukebutuhanmanusiaituadalah :
a. Kelangsunganhidup (survival).
b. Keamaanan (safety).
c. Hakdankewajibanuntukmencintaidandicintai (be loving and loved).
d. Diakuilingkungan (status).
e. Perwujudancita-cita (self-actualization).

Denganadanyadorongankodratdandorongankebutuhanhidup, makamanusiamempunyaiharapan.Karenapadahakekatnyaharapanituadalah.keinginan.untuk.memenuhi.kebutuhan.hidupnya.

4.    HarapanSebagaiFenomenaNasional
Artinyaharapanialahsesuatu yang wajarberkembangdalamdirimanusiadimana pun berada, mengutippandangan A.F.C. Wallace dalambukunya culture and personality , menegaskanbahwakebutuhanmerupakansalahsatuisipokokdariunsurkepribadian yang merupakansasarandarikehendak, harapan, keinginan, sertaemosiseseorang.
A.    Kebutuhanindividudapatdijabarkanlebihlanjutmenjadi ;
1)      Kebutuhanorganikindividu
a)    kebutuhanindividubernilai positive
b)    kebutuhanindividubernilai negative

2)      Kebutuhanpsikologiindividu
a)    kebutuhanpsikologiindividubersifatpositif
5.    Nilai-NilaiBudayaSebagaiTolakUkurHarapan
Dalamhasilbudaya yang berupasastra, dapatdihayatiadanyakandungannilaibudaya yang dibawapenulisnyasebagaigagasanutama.Dalamsastrajawamisalnyaantara lain terdapatnilaibudayameliputi ;
1.      Nilaiperjuangandansemangatpengorbanan
yaitu, nilaiperjuangansebagaitolakukurdandiharapkandimilikimasyarakat, sepertikesetiaan, kesungguhan, kedisiplinan, dll
2.      Nilaikerumahtanggaan
yaitunilai yang diharapkanberkembangdalamsetiapkeluarga
3.      Nilaikemandiriankaumwanita
yaitu, nilai yang diharapkandapatdimilikisetiapwanita

SUMBER :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar